Sabtu, 13 Maret 2010

KEBEBASAN [KLISE]

terlintas sesuatu di kepalaku. sesuatu yang sangat klise dibicarakan orang-orang. sesuatu yang sering diperjuangkan. sesuatu yang menjadi sumber masalah.

KEBEBASAN

apa itu dan apa manfaatnya?

kebebasan menurutku sebuah ketidakterikatan akan sesuatu. misal bebas dari biaya pokok berarti kita tidak terikat pada kewajiban membayar biaya pokok.
kebebasan menyangkut pemenuhan sebuah hak. kebebasan untuk berpendapat menunjukkan pamenuhan hak kita untuk berpendapat.
kebebasan menunjukkan kemampuan kreasi dan inovasi kita. kita bebas berkreasi dan berinovasi sesuai keinginan kita.

haah, tulisan yang sangat klise tentang kebebasan...

tapi dibalik ulasan membosankan tersebut, kita sangat mengagung-agungkan kebebasan, ya, kebebasan. kita bahkan sampai memeperjuangkan kebebasan dengan memepertaruhkan nyawa.

untuk apa?

sering kebebasan malah menimbulkan banyak permasalahan.

kembali : untuk apa?

sepenting apakah sebuah kebebasan bagi individu?

sejak awal mulanya kita diciptakan dan dianugerahi kebebasan, ya sebuah anugerah [jika anda bukan seorang penganut teori penciptaan paling tidak anda bisa yakin bahwa kita sejak lahir memiliki kebebasan tersebut]. kebebasan untuk menentukan sesuatu. kebebasan adalah sesuatu yang sangat berharga bagi kita, sampai diperjuangkan seperti itu...

pada saatnya kita akan mempergunakan kebebasan itu secara berlebihan [sebuah relativitas], kita menganggap dengan kebebasan kita bisa melakukan apa saja. ya, sesuai pendapat pribadi kita. sebuah contoh kecil adalah pembunuh yang membunuh orang lain dengan pendapat bahwa dia bebas melakukan apa pun termasuk membunuh.
tapi apakah seperti itu sebuah pengembangan dari kebebasan dasar yang kita punya?

apa tujuan dari kebebasan yang kita miliki?

menurutku adalah sebuah modal agar individu dapat mencapai kebahagiaan sesuai caranya sendiri.
dengan melihat melihat catatanku sebelumnya tentang kebahagiaan, untuk siapakah itu?

aku mencoba memulis lagi tentang sesuatu yang sangat klise tentang kebahagiaan [tujuan, harapan] umum/bersama. kebahagiaan kita secara luas.

untuk mencapai itu kita perlu benar-benar bebas, ya bebas tanpa terikat. namun kita harus memiliki pandangan yang jelas akan kebahagiaan universal sebagai tujuan kita untuk mengarahkan kebebasan kita.
menurutku sebuah kebebasan yang menjaga dan melindungi kebebasan individu lain. yang secara klise disebut "kebebasan bertanggungjawab". sangat klise bukan?

tapi itulah yang kupegang sampai sekarang. sebuah kebebasan untuk mencapai tujuan universal. mungkin secara lebih sempit kusimpulkan sebagai tujuan bukan negara ini.


aku terlalu sering berbicara tentang kebebasan, mungkin orang-orang akan bosan, bahkan sudah bosan. tapi dengan inilah kita bisa hidup.

salam

0 komentar:

Posting Komentar